Senin, 4 Juli 2022

72 Anak Disunat Massal Baznas Banjarnegara

72 Anak Disunat Massal Baznas Banjarnegara

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banjarnegara, menggelar khitanan massal bagi masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, dari 83 peserta yang mendaftar, 72 di antaranya berhasil dikhitan. Sementara sisanya, tidak hadir saat pelaksanaan di Sasana Adiguna Banjarnegara, Selasa (22/3/2022).


Banjarnegara, Serayunews.com

Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga yang membutuhkan, khususnya yang memiliki anak atau remaja yang belum dikhitan. Mereka didampingi orang tua dan sanak saudaranya.

“Target awal kami 70 peserta, namun kuota terus bertambah hingga ada 83 anak yang mendaftar, namun saat pelaksanaan yang hadir sebanyak 72 anak,” katanya.

Baca juga  Sejumlah Desa di Cilacap Banjir, Sebagian Warga Mengungsi

Menurutnya, sunatan massal ini merupakan bagian dari program Baznas Banjarnegara. Di mana setiap anak yang dikhitan, mendapatkan bingkisan berupa seperangkat baju muslim, sarung, sandal, tas, celana sunat, kopiah, dan uang saku.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Indarto, memberikan apresiasi pada kegiatan ini. Menurutnya, khitan merupakan salah satu bagian dari syariat agama yang wajib bagi kaum laki-laki muslim. Fungsi khitan dari sisi agama adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Sedangkan dari pandangan medis, khitan juga sangat penting bagi kesehatan karena membuang bagian tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan,” katanya.

Editor :Dedy

Berita Terkait

Berita Terkini