Sabtu, 13 Agustus 2022

Banjarnegara Manfaatkan Event Olahraga, untuk Geliatkan Ekonomi Warga Pasca Pandemi Covid-19

Agustus tahun ini, KONI Banjarnegara bersama Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) menggelar Pekan Olahraga Kecamatan (porcam). Kegiatan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara, mulai 2 hingga 16 Agustus 2022.


Banjarnegara, serayunews.com

Gelaran Porcam ini, akan mempertandingkan sedikitnya 4 hingga 6 cabang olahraga di masing-masing kecamatan. Selain untuk memeriahkan HUT RI tahun 2022, juga ajang pencarian bibit atlet muda. Kemudian, juga untuk menggeliatkan ekonomi warga hingga pelosok Banjarnegara.

Harapannya, gelaran olahraga antar desa di masing-masing kecamatan ini, akan berdampak dengan pertumbuhan ekonomi kecil. Sehingga program ini, sejalan dengan upaya pemerintah mengembalikan pertumbuhan ekonomi nasional setelah munculnya Covid-19.

Baca juga  Mantap, Tiga Siswa MFA Banjarnegara Merumput bersama di PSIS Junior

Melihat hal tersebut, Kamar Dagang dan Indutsri (Kadin) Banjarnegara, akan menerjunkan tim analisis pertumbuhan ekonomi melalui gelaran olahraga di masing-masing kecamatan.

Ketua Kadin Banjarnegara, Akhmad Fajar mengatakan, gelaran Porcam ini berlangsung di beberapa wilayah. Sehingga nantinya, akan muncul beberapa pedagang kecil yang hadir di setiap venue pertandingan.

Untuk itu, Kadin Banjarnegara ingin melihat seberapa besar pertumbuhan ekonomi dari gelaran olahraga. Gelaran ini berlangsung  serentak di 20 kecamatan yang ada di Banjarnegara.

“Kita nanti akan mencoba berhitung, berapa peredaran uang selama gelaran event ini. Sebagai contoh, satu pertandingan sepak bola di satu tempat ada berapa pedagang terlibat, dan berapa pendapatan mereka dalam sehari selama event. Nantinya, dari kegiatan ini bisa terdeteksi berapa perputaran uang di Banjarnegara selama Porcam tahun ini,” katanya.

Baca juga  Siswa SMAN 1 Bawang Dimotivasi Jadi Pelopor Pancasila oleh Alumni di Kelas Inspirasi

Menurutnya, analisis perputaran uang melalui gelaran event olahraga ini, untuk mengetahui sejauh mana dampak event olahraga bagi pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi usaha kecil yang ada di Banjarnegara.

“Kalau kita lihat data pelaksanaan Porcam besok, sedikitnya ada 72 venue pertandingan yang tersebar di seluruh wilayah Banjarnegara. Rata-rata pertandingan selama 5 hingga 8 hari, tentunya dalam kegiatan ini akan muncul sektor ekonomi kecil. Sektor inilah yang akan coba kami gali,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini