Jumat, 2 Desember 2022

Lumbir Terendam Banjir, Puluhan Warga Mengungsi di Masjid

Banjir di Grumbul Sawangan, Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas akibat luapan sungai sekitar, Kamis (3/11/2022) malam. (Dok BPBD Kabupaten Banyumas)

Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, menyebabkan meluapnya Sungai Lopasir dan sungai dari Desa Caduk serta Sungai Ciarahap. Akibat luapan sungai tersebut, puluhan rumah di Grumbul Sawangan, Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas mengalami banjir, Kamis (3/11/2022) malam.


Banyumas, serayunews.com

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho menjelaskan, dari informasi yang diperoleh, luapan banjir sungai tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB dan menyebabkan puluhan rumah terendam.

“Ada sekitar 36 rumah yang terendam banjir. Mereka yang rumahnya terendam banjir diungsikan ke Masjid Al Inayah Desa Parungkamal,” ujar dia, Jumat (4/11/2022).

Budi menambahkan, sekitar pukul 23.00 WIB, banjir sudah mulai surut. Bahkan beberapa warga yang sempat mengungsi kembali ke rumahnya masing-masing.

“Mereka mengungsi karena kondisi rumahnya yang terendam bukan hanya air, namun juga lumpur,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya masih melakukan pendataan atas peristiwa tersebut, seperti kerugian material yang dialami oleh masyarakat sekitar.

Pihak BPBD Kabupaten Banyumas juga mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap waspada jika terjadi hujan deras. Karena, tidak tertutup kemungkinan banjir susulan bisa terjadi.

Berita Terpopuler

Berita Terkini