Senin, 5 Desember 2022

Basarnas Cilacap Siaga Saat Natal dan Tahun Baru

Basarnas Cilacap saat apel pagi terkait siaga saat libur Natal dan Tahun Baru 2021 nanti agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.

Terbatasnya personel Basarnas Cilacap, tidak sebanding dengan luasnya wilayah kerja yang mencakup enam Kabupaten di Jawa Tengah Bagian Selatan. Maka, guna menghadapi risiko kebencanaan ataupun kondisi darurat lainnya, Basarnas Cilacap melibatkan sejumlah berbagai potensi SAR. Mereka pun siaga saat libur Natal dan Tahun Baru 2021 nanti.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Kantor Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, bahwa Petugas siaga SAR khusus Nataru atau Natal dan Tahun Baru
agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.

“Petugas harus selalu aktif berkoordinasi dengan berbagai potensi SAR. Tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan. Utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat. Serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi Covid-19,” ujarnya saat apel kesiapan siaga SAR khusus untuk perayaan Natal dan Tahun Baru, Jumat (18/12/2020).

Nyoman menambahkan, dengan terbatasya personel bukan menjadi alasan untuk tidak maksimal. Mengingat yang dilakukan adalah pekerjaan mulia.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah performance petugas Basarnas, kesiapan kendaraan serta peralatannya, merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan Basarnas.

“Kami siagakan 30 personel yang di Cilacap, ditempatkan Posko di Pantai Teluk Penyu Cilacap dan tempat penyeberangan pelabuhan rakyat” ungkapnya.

Titik fokus Basarnas Cilacap dalam menghadapi mudik Nataru antara lain, Bandara Tunggul Wulung, Pelabuhan Rakyat dan tempat wisata yang ada di Cilacap. Selain siaga Sar Nataru, Basarnas juga tetap melaksanakan operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan bantuan di bidang SAR.  Mengingat masih terdapat banjir dan tahan longsor di beberapa wilayah.

“Dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Alut dan Palsar yang disiagakan antara lain tiga unit RIB yang kita stanby-kan di Pelabuhan Sleko,
lima unit mobil rescue, dua unit rescue truk, lima perahu karet serta peralatan evakuasi,” tuturnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini