Sabtu, 18 September 2021

Cegah Penyebaran Covid, Ratusan Warga Binaan Lapas IIB Cilacap Divaksin

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB sedang di vaksin. (Ulul)

Sebanyak 442 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Cilacap divaksin dosis pertama. Percepatan vaksinasi dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam Lapas.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Lapas Kelas IIB Cilacap Wisnu Hani Putranto mengatakan, 442 WBP yang mengikuti vaksinasi dosis pertama akan melalui tahapan skrining ulang, sebab banyak warga binaan yang sudah berumur diatas 50 tahun.

“Banyak juga WBP yang usianya 50 tahun keatas. Sehingga dari 442 akan diskrining ulang. Punya gejala apa, sakit bawaan apa, kita cek kembali,” ujar Kalapas Cilacap dalam keterangannya, Senin (09/08/2021).

Pelaksanaan vaksinasi di Lapas Kelas IIB Cilacap melibatkan Petugas Tenaga Kesehatan Vaksinator dari Puskesmas Cilacap Tengah, vaksin ini diperuntukkan khusus bagi WBP, sedangkan Petugas Lapas seluruhnya sudah di vaksin dua kali.

“Maksud dan tujuan vakasinasi pertama adalah untuk mengikuti anjuran pemerintah, dari seluruh masyarakat Cilacap terutama di Lapas Kelas IIB Cilacap lakukan vaksinasi demi kesehatan mereka, sehingga terbebas dari Covid-19,” ujarnya.

Kalapas menambahkan, bahwa sebelumnya di Lapas Kalas IIB Cilacap ini, sebagian WBP terpapar Covid-19, kemudian dilakukan isolasi dan saat ini yang terpapar sudah sembuh semua. Karena dinilai WBP di dalam lapas rentan terhadap paparan Covid, sehingga untuk mencegah penyebarannya dilakukan percepatan vaksinasi.

“Beberapa waktu lalu warga binaan kami terpapar Covid kami isolasi mandiri dua minggu dan semua sembuh, vaksinasi ini upaya untuk mencegah penyebaran Covid. Himbauan saya kepada warga binaan di Lapas Cilacap, menjaga kesehatan, rajin berolah raga, meningkatkan imunitas, menjaga pola makan, dan wajib melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu WBP Lapas Kelas IIB Cilacap Eka Supriyatna mengatakan, bahwa dirinya mendukung program percepatan vaksinasi di dalam Lapas agar bisa terhindar dari paparan Covid.

“Divaksin rasanya layaknya orang disuntik vaksin biasa, tidak ada gejala apa-apa, saya ikut vaksin untuk mencegah Virus Corona,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini