Minggu, 5 Februari 2023

Cincin di Jari Tak Bisa Lepas, Wanita Asal Karangmangu Kroya Minta Bantuan Damkar

Petugas Damkar Pos Kroya saat membantu evakuasi cincin di jari seorang perempuan yang sulit dilepas. Pelepasan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dilakukan dengan ekstra hati-hati karena cincin satu pasang, Senin (23/1/2023). (Dok UPT Damkar Cilacap)

Tak hanya sigap dalam menangani hal pemadaman kebakaran, Damkar Cilacap juga memberikan berbagai pelayanan penanganan non kebakaran di antaranya evakuasi cincin di jari yang sulit dilepas.


Kroya, serayunews.com

Seperti halnya dialami oleh T (34) seorang perempuan asal Desa Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, yang meminta bantuan Damkar untuk melepaskan cincin di jarinya yang sulit dilepas dengan mendatangi Pos Damkar Kroya, Senin (23/1/2023).

“Korban datang ke Pos Damkar Kroya melaporkan cincin di jari tengah tidak bisa dilepas, selanjutnya tim Pos Damkar Kroya langsung menindaklanjuti laporan tersebut,” ujar Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi dalam keterangannya.

Baca juga: ABG yang Hanyut pada Sungai Irigasi di Cilacap Ditemukan Meninggal Dunia

Adapun penanganannya dilakukan oleh petugas Damkar dengan sangat hati-hati, agat alat yang pergunakan tidak sampai melukai kulit korban. Terlebih cincin yang dilepas ada dua ring dalam satu jari, bahkan sempat terjadi pembengkakan.

“Sekitar waktu 30 menit cincin bisa dilepas, dengan menggunakan gerinda manual dan gerinda mini, karen cincin yang dipakai dua ring dalam satu jari, korban merasa lega karena tidak nyaman saat cincin sulit dilepas,” imbuhnya.

Supriyadi menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Cilacap, untuk segera melapor ke petugas Damkar jika membutuhkan bantuan penanganan darurat.

“Segera hubungi kami apabila ada kejadian darurat dan membahayakan nyawa. UPT Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap siap melayani,” tandasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini