Sabtu, 13 Agustus 2022

Dinilai Potensial, Sektor Pertanian Banjarnegara Didorong Mampu Entaskan Kemiskinan

    Pj bupati Banjarnegara saat menyerahkan penghargaan pada kelompok tani di Banjarnegara. Foto Maula

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, mendorong sektor pertanian untuk menjadi satu upaya pengentasan kemiskinan ekstrem. Alasannya adalah karena Banjarnegara adalah wilayah agraris dan memiliki nilai tukar pertanian (NTP) yang tinggi.


Banjarnegara, serayunews.com

Sektor pertanian di wilayah Kabupaten Banjarnegara, menjadi sangat penting dan memiliki nilai strategis dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Tak hanya itu, dorongan perkembangan sektor pertanian di Banjarnegara juga untuk mendukung ketersediaan pangan yang berkualitas. Pangan berkualitas bertujuan mewujudkan ketahanan pangan, serta penyediaan lapangan kerja.

Baca juga  Soal Wacana Legalitas Ganja Medis, Ini Kata Ketua Komisi I DPRD Banjarnegara

Menurut Pj Bupati Banjarnegara, Tr Harso Widirahmanto, sektor mendukung program ketahanan pangan, pertanian juga berpotensi sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga sektor ini, harus terus dapat dorongan demi pertumbuhan perekonomian di Banjarnegara.

“Sumbangan sektor pertanian terhadap perekomonian di Kabupaten Banjarnegara juga cukup besar, yakni berkisar pada angka lebih dari 30 persen,” katanya.

Selain itu, berdasarkan data yang ada, NTP sektor pertanian di Banjarnegara juga sangat baik, yakni mencapai 102,45. Angka ini menunjukkan, petani mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam dunia usaha.

Baca juga  Andalas Banjarnegara Bersua PP Al Ikhsan Surakarta di Final Liga Santri

Untuk itu pemerintah Kabupaten Banjarnegara sangat mendorong pengembangan dan kemajuan sektor pertanian, sebagai satu upaya peningkatakan pendapatan dan ikut berkontribuksi dalam penanggulanan kemesikinan, stunting, peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, serta penumbuhan kegiatan industri di Banjarnegara.

Berita Terkait

Berita Terkini