Minggu, 27 November 2022

Ini yang Dilakukan Dinas Arpus Cilacap untuk Mendorong Budaya Membaca di Masyarakat

Kepala Dinas Arpus Cilacap, Ahmad Fauzi, saat diwawancara wartawan, Kamis (17/11/2022). (Irfan/serayunews)

Pemkab Cilacap melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus), terus berupaya mendorong minat membaca di masyarakat. Salah satunya, dengan menggiatkan kembali layanan perpustakaan keliling.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Arpus Cilacap, Ahmad Fauzi mengatakan, budaya gemar membaca di kalangan masyarakat masih sangat minim. Hal itu yang membuat dirinya ingin menggiatkan lagi layanan perpustakaan keliling. Terlebih hasil survei membuktikan, dari 1.000 orang hanya menyisakan 1 orang saja yang masih gemar membaca.

“Banyak program yang kita gagas, seperti layanan perpustakaan keliling yang disertai bercerita, Perpusda juga kita sedang perbaiki agar lebih menarik,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (17/11/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya akan menggencarkan perpustakaan keliling yang menyasar ke kecamatan, desa, hingga tingkat sekolah. Dengan dilengkapi bercerita, diharapkan dapat memantik anak-anak untuk gemar membaca. Selain itu, pihaknya menyasar kepada masyarakat berkebutuhan khusus.

“Termasuk untuk orang-orang yang tidak dapat melihat untuk giat membaca buku-buku dengan huruf braile. Banyak solusinya, asalkan kita mau berinovasi pasti bisa terealisasi,” tuturnya.

Pada sisi lain, kata dia, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap juga telah memberikan penghargaan terhadap duta baca dan insan peduli literasi. Kegiatan itu digelar di Fave Hotel Cilacap, Kamis 17 November 2022 lalu. Dengan begitu, saat ini Cilacap telah resmi memiliki duta baca dan duta literasi.

“Jadi yang dinobatakan sebagai duta baca adalah Andra Pratama, siswa SMA N 1 Adipala. Sedangkan untuk Insan Peduli Literasi adalah Dwi Utami,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini