Sabtu, 25 Maret 2023

ITT Purwokerto Gelar Kuliah Umum, Pengenalan Metaverse 101 di Indonesia

Rektor ITT Purwokerto, Dr Arifianto Fahmi membuka kuliah umum Metaverse 101, di Gedung Rektorat Kampus ITT Purwokerto, Kamis (16/3/2023).(Shandi Yanuar/Serayunews)

Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto menghadirkan kuliah umum Metaverse 101 Indonesia di Gedung Rektorat ITT Purwokerto, Kamis (16/3/2023). Acara tersebut hasil kolaborasi antara ITT Purwokerto dengan Kementerian Kominfo. Kuliah tersebut sebagai langkah mempersiapkan mahasiswanya pada masa mendatang yang semakin bergantung pada teknologi.


Purwokerto, serayunews.com

Rektor ITT Purwokerto, Dr Arfianto Fahmi mengungkapkan, tidak mungkin menghindari teknologi. Sehingga perlu adanya kolaborasi dengan teknologi terutama Metaverse.

“Apalagi di Kampus ITT klaimnya kampus teknologi, jadi kita harus mengenalkan sedini mungkin untuk seluruh civitas akademika,” kata dia.

Saat ini, lanjut rektor, pihaknya tengah memformulasikan untuk civitas akademikanya mengenal Metaverse. Sehingga ke depannya mereka akan bisa lebih cepat memahami hal tersebut.

Baca juga: Hati-hati, Bisnis Thrifting Kini Bisa Terjerat Hukum, Ini Alasannya

“Paling tidak dari civitas terutama dosen sudah melakukan eksplorasi, mungkin kita perlu melakukan kolaborasi lebih lanjut dengan kementerian, vendor. Sehingga, arahnya bisa ke yang lebih implementatif,” ujarnya.

Dari sudut pandangnya, di masa mendatang teknologi Metaverse yang salah satunya Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), dan Augmented Reallity (AR) bakal digunakan oleh berbagai platform industri.

“Apapun industrinya pasti ke depannya akan menggunakan tiga kata kunci itu, sehingga ke depan akan mengubah pasar tenaga kerja. Sehingga ITT menyiapkan adik-adik kita, nanti kita terjunkan untuk magang supaya akselerasi,” kata dia.

Ketua Tim Tematik Akademi Digital, Kementerian Kominfo, Sri Arianto mengungkapkan, dari banyaknya kampus di Banyumas, ITT Purwokerto merupakan kampus pertama yang menyelenggarakan kuliah umum Metaverse.

“Kita berusaha menyosialisasikan kepada mahasiswa dan harus aware terhadap Metaverse,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini