Jumat, 24 September 2021

Kebutuhan Meningkat, Pemkab Cilacap Gandeng Pertamina Gelar Donor Konvalesen

Salah satu karyawan Pertamina sedang melakuakan donor darah. (Ulul)

Kebutuhan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 di Cilacap meningkat seiring dengan masih tingginya jumlah kasus. Untuk menambah ketersediaan stok, Pemkab Cilacap dan Pertamian menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen secara massal. Dinilai sangat dibutuhkan, Bupati meminta kepada penyintas Covid ikut donor demi keselamatan manusia.


Cilacap, serayunews.com

Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap Tattos Suwarto Pamuji usai meninjau donor darah dan donor konvalesen bersama Pejabat Forkopimda di Gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap. Menurut Bupati, Cilacap memerlukan lebih banyak stok plasma konvalesen. Sebab masih banyak pasien Covid yang sedang dirawat dan banyak yang membutuhkan donor plasma konvalesen tersebut.

Bupati Tatto juga mengapresiasi kepada Pertamina RU IV Cilacap yang menginisiasi donor darah dan donor konvalesen di wilayahnya, sehingga diharapkan bisa membatu menambah ketersediaan stok konvalesen di Cilacap. Sebab dengan ketersediaan plasma konvalesen, pasien Covid akan terbantu dan mudah mendapatkannya.

“Saya penyintas, jadi saya sebagai Ketua Gugus Tugas Kabupaten Cilacap, menghimbau kepada saudara-saudara saya, baik TNI, Polri, Pertamina, Swasta, ASN, bagi penyintas, yang pernaha terpapar Covid-19 untuk membantu menyelamatkan nyawa manusia. Kita sangat butuh sekali (plasma konvalesen) dan masih kurang, begitu ada yang kena Covid, kita selalu mencari pendonor. Sekarang ada wadahnya, saya ucapkan terimakasih kepada Pertamina mempunyai inisiasi untuk gelar donor konvalesen,” ujar BupatinTatto saat memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (02/08/2021).

Sementara itu, General Manager Pertamina RU IV Cilacap Eko Sunarno mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kepedulian terhadap masyarakat, dimana menuturnya kesempatan tersebut bisa menjadi pahlawan, untuk menyelamatkan masyarakat Cilacap dengan donor konvalesen.

“Alat sudah disiapkan bersama PMI, sampai siang ini sudah ada 28 yang mendafatar (penyintas Covid), kami berharap bisa tambah lagi, sedangkan yang donor darah sudah ada 150 kantong, mudah-mudahan kita bisa tingkatkan dan bisa membantu masyarakat Cilacap,” ujarnya.

Sedangkan menurut Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi menargetkan bisa menampung plasma konvalesen sebanyak-banyaknya. Sebab menurutnya donor plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan.

“Tingkat angka kesembuhan naik terutama yang sedang di rawat, salah satunya dengan donor konvelesen. Selain dengan pengobatan yang lain, salah satunya yang dicari adalah donor plasma konvalesen,” ujar Kapolres.

Sementara menurut Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi menyampaikan, bahwa yang dilakasanakan oleh Pertamina adalah untuk mengakomodir semua potensi yang ada di Cilacap dengan kolaborasi antara Forkopimda, Gugus Tugas dan PMI, dimana melihat peluang kelangkaan yang terjadi saat ini adalah donor plasma konvelesen.

“Hampir 1,5 tahun jalannya pandemi ini masyarakat langsung ke PMI untuk meminta darah, artinya sudah emergency untuk keselamatan, himbauan dari Gugus tugas agar pelaksaan donor seperti ini bisa dilaksanakan sebulan sekali, karena memang sangat dibutuhkan baik yang rutin di lakukan PMI. Harapannya Pertamina RU IV Cilacap membentuk Super Tim agar bisa dilaksanakan sebulan sekali,” ujar Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Pertamina Cilacap juga menyalurkan donasi kepada tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Cilacap yang dihimpun melalui Perwira RU IV Berbagi. Sementara itu, pelaksanaan donor darah dan donor konvalesen yang digelar di Gedung Patra Graha Pertamina Cilacap diikuti oleh para pekerja dan masyarakat umum, rencananya digelar selama dua hari.

Pertamina Cilacap juga menyalurkan donasi kepada tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Cilacap. (Ulul)

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini