Minggu, 5 Februari 2023

Menatap Pemilu 2024, DPC PKB Purbalingga Lebarkan Sayap Melalui Perempuan Bangsa

Para pengurus DPC Perempuan Bangsa Purbalingga saat dilantik, oleh ketua DPW Perempuan Bangsa Jateng, Ida Nursaadah, di Aula DPC PKB Purbalingga, Minggu (22/01/2023). (Foto: Amin Wahyudi)

Menjelang pemilihan legislatif tahun 2024, para partai politik (Parpol) mulai bergegas. Dewan Pengurus Cabang Perempuan Bangsa (DPC PB) Kabupaten Purbalingga, melebarkan kepakan sayap untuk menatap Pemilu 2024 mendatang.


Purbalingga, serayunews.com

Terbaru, DPC PKB melantik DPC Perempuan Bangsa. Melalui DPC Perempuan Bangsa, diharapkan kaum perempuan lebih proaktif terlibat dalam aktivitas partai.

Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah, Ida Nursaadah mengatakan, sebagai sayap PKB, perempuan bangsa harus memberikan kontribusi nyata. Dalam konteks pemilihan legislatif, perempuan tidak hanya sebatas pemenuhan kuota 30 persen.

“Ketika undang-undang mensyaratkan bahwa 30 persen perempuan harus dipenuhi, berarti ruang sudah dibuka, maka perempuan harus meniatkan kontribusi membesarkan PKB,” kata Ida Nursaadah, usai pelantikan di Aula Kantor DPC PKB Purbalingga, Minggu (22/01/2023).

Pelantikan dimulai dengan membacakan SK Kepengurusan DPC Perempuan Bangsa, masa khidmat 2023-2028. Jabatan ketua diemban oleh Siti Arofah BA, sementara untuk sekretaris dijabat oleh Sri Rahayu, sedangkan bendahara dijabat oleh Sumyati.

Setelah pelantikan DPC Perempuan Bangsa, dia berharap banyak kader perempuan yang siap maju pada Pileg 2024. Selain itu, mesin partai dari suara perempuan diharapkan semakin solid dan mampu menambah suara PKB secara signifikan.

“Tidak cukup hanya dilantik dan dikader dalam perempuan bangsa. Bagaimana PKB di Purbalingga harus menang, maka semua harus bergerak,” katanya.

Ketua DPC Perempuan Bangsa Purbalingga terlantik, Siti Arofah menyampaikan, pihaknya bersyukur agenda pelantikan telah berjalan lancar. Dia mengamu siap berjuang di PKB dan mengajak para pengurus dan kader, untuk istiqomah dalam menjalani tugas.

“Niatkan semata-mata mencari ridha Allah SWT, karena ini membutuhkan energi dan mental yang kuat. Semoga ini menjadi bukti hubul wathan minal iman,” kata dia.

Sementara Ketua DPC PKB Purbalingga, Muklis berharap, dilantiknya Perempuan Bangsa mampu meningkatkan peran politik perempuan. Dalam legislatif menurutnya, kebijakan pemerintah perlu diwarnai dan mendapat sentuhan dari para perempuan.

“Selanjutnya perempuan bangsa sebagai sayap kekuatan PKB, kalau mesin politik perempuan itu jalan maka eksistensi PKB secara perolehan minimal akan bertahan, mudah-mudahan sesuai target 15 kursi,” kata Muklis.

Saat ini pihaknya tengah menata calon legislatif untuk Pemilu 2024. Dengan solidnya sayap perempuan itu, pihaknya yakin DPC PKB Purbalingga akan semakin mudah dalam mengusung calon legislatif potensial.

“Sampai hari ini, kami baru sekitar 50 persen dari kebutuhan perempuan untuk calon legislatif. Tapi kalau tadi ibu ketua DPW (Perempuan Bangsa) menyampaikan semua siap maju, saya pikir selesai,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini