Selasa, 24 Mei 2022

Mengaku Pegawai BUMN, Tiga Orang Pemuda Tipu Ibu Rumah Tangga di Banyumas

Foto Tersangka MS Baju kuning tengah diintrogasi oleh Sat Reskrim Polresta Banyumas. (Dok Sat Reskrim Polresta Banyumas)

Mengaku pegawai BUMN, tiga orang pemuda berinisial LJ (23), warga Kabupaten Brebes, MS (19) warga Kabupaten Banjarnegara, dan RS (18) warga Kecamatan Patikraja, ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polresta Banyumas. Ketiga pelaku nyaris berhasil menguras harta seorang ibu rumah tangga di Banyumas, dengan modus menawarkan jasa pencairan klaim asuransi.


Banyumas, serayunews.com

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kasat Reskrim, Kompol Berry mengatakan, kasus tersebut bermula saat ketiga pelaku mendatangi rumah korbannya, Sukarmi (58), warga Kecamatan Banyumas.

Baca juga  Peselam Banjarnegara, Perkuat Kontingen Indonesia di Sea Games Vietnam 2022

Mereka bertiga mengaku dari perusahaan BUMN yang bergerak di bidang asuransi, dan menawarkan bantuan untuk mencairkan asuransi. Untuk kepentingan pencairan, mereka meminta uang pajak di muka.

“Setelah percaya bujuk rayu tersangka, korban akhirnya memberikan uang tunai Rp 2 juta dan cincin seberat lima gram, berikut surat-suratnya,” ujar dia, kamis (20/1/2022).

Tidak hanya itu, salah seorang pelaku masih berusaha menggasak benda berharga lain di rumah korbannya. Dia berpura-pura izin ke kamar mandi dan berhasil membawa handphone dan dompet milik Sukarmi. Atas kejadian tersebut, korban akhirnya melaporkannya ke Polsek Banyumas.

Baca juga  Ganjar Harap Kebangkitan Nasional Jadi Momentum Kebangkitan Setelah Pandemi

Berbekal informasi yang ada, Sat Reskrim Polresta Banyumas bersama Polsek Banyumas langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya berhasil menangkap pelaku RS di rumahnya, dilanjutkan dengan penangkapan MS di simpang empat Kebondalem Purwokerto Timur, dan LJ ditangkap di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Modus yang digunakan para pelaku yakni berupa-pura sebagai pegawai perusahaan BUMN dan akan mencairkan asuransi. Kemudian dua orang pelaku mengajak ngobrol korban dan satu orang pelaku masuk ke dalam rumah mengambil barang milik korban,” kata dia.

Ternyata, ketiga pelaku juga merupakan spesialis kasus tersebut. Mereka mengaku telah melakukan aksi serupa di Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Cilacap dan Magelang.

Baca juga  Innalillahi, Dua Pemotor Tewas Kecelakaan di Jalan Raya Kawunganten Cilacap

“Pelaku mendapatkan hasil dari perbuatannya yakni berupa uang tunai Rp 10.500.000 serta beberapa perhiasan emas berupa cincin dan anting,” kata dia.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku yang saat ini mendekam di tahanan Polresta Banyumas bakal dijerat Pasal 363 KUHP atau 378 KUHP tentang penipuan.

Berita Terkait

Berita Terkini