Jumat, 9 Desember 2022

NU, Muhammadiyah, dan Syarikat Islam Banjarnegara, Digelontor Dana Hibah dari Pemkab Rp 6,8 Miliar

Pj bupati bersama kepala BPPKAD Banjarnegara, saat melakukan penyerahan dana hibah pada tiga Ormas, di rumah dinas bupati Banjarnegara, Kamis (24/11/2022). (Maula/Serayunews)

Sesuai dengan amanah Undang-undang, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyalurkan dana hibah untuk organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Banjarnegara. Total anggaran yang dikucurkan untuk Pimpinan Cabang nahdlotul Ulama (PC NU), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), dan Syarikat Islam (SI) Banjarnegara ini, mencapai Rp 6,894 miliar.


Banjarnegara, serayunews.com

Total dana hibah tersebut, bersumber dari APBD Kabupaten Banjarnegara tahun 2022 dan diberikan pada tiga ormas tersebut yang ada di Banjarnegara. Penyerahan dana hibah, dilakukan di rumah dinas bupati, Kamis (24/11/2022).

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, dari dana hibah tersebut masing-masing diberikan pada PC NU Banjarnegara sebesar Rp 3,421 miliar, PD Muhammadiyah sebesar Rp 1,708 miliar, dan Syarikat Islam Banjarnegara sebesar Rp 1,4 miliar.

“Untuk pencairannya, dilakukan melalui Kesbangpol Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Meurutnya, pemberian dana hibah bagi ormas di Banjarnegara ini dilakukan untuk memperlancar proses pembangunan, melalui kerja sama antara pemerintah Kabupaten dengan organisasi kemasyarakatan atau lembaga penerima hibah.

“Pemberian hibah ini ditujukkan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah daerah, sesuai urgensi dan kepentingan daerah dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan dengan memperhatikan asas keadilan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat,” katanya.

Penyerahan dana hibah ini, ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima hibah oleh bupati dengan ketua Ormas penerima hibah. Meliputi KH Zaid Chasani selaku perwakilan dari PC NU, H. Sobri (PD Muhammadiyah) Banjarnegara dan H. Musobihin (Syarikat Islam).

“Mari kita tingkatkan persatuan, kesatuan dan kemitraan, untuk mewujuskan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini