Selasa, 29 November 2022

Polri di Mata Tokoh Nasional, dari Banyak Pembaruan hingga Peduli Perlindungan Anak

Jajaran Polres Cilacap berfoto bersama usai ziarah ke TMP Surengrono. (foto: Dok Humas Polres Cilacap)

Apresiasi pada kinerja Polri berdatangan dari tokoh nasional. Apresiasi mulai tentang pembaruan hingga kepedulian pada perlindungan anak.


Jakarta, serayunews.com

Lontaran pertama tentang kinerja Polri diungkapkan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Romo Antonius Benny Susetyo. Romo Benny mengatakan bahwa kinerja Polri kini lebih baik. Bahkan, dia mengatakan jika sudah banyak perbaikan dan pembaruan.

“Polisi melakukan banyak hal, yaitu pembaharuan dan perbaikan,” kata Romo Benny di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Namun, Romo Benny juga memberikan masukan. Menurutnya, terobosan itu perlu ditingkatkan di masa kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pandangan lain diungkapkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto. Dia mengatakan, Polri memiliki kemajuan dalam hal perlindungan anak.

“Dari aspek perlindungan anak, saat ini banyak kemajuan di Polri, baik dalam penanganan maupun yang lain,” kata Susanto.

Salah satu contoh konkretnya adalah menerapkan aturan dalam Undang-undang Nomor 35, Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016 dan Undang-undang 11 Nomor 2012 tentang Sistem Peradilan Anak. Menurut Susanto, aturan itu dilaksanakan dengan tepat baik dalam konteks anak sebagai korban maupun anak sebagai pelaku tindak pidana.

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani mengatakan, ada prinsip keseimbangan yang telah dilakukan dalam konsep Polri Presisi. Keseimbangan itu adalah sisi ketegasan dan kemanusiaan. Dia mengharapkan, dua sisi keseimbangan itu terus ditunjukkan.

“Harapan, Polri ke depan lebih menunjukkan diri sebagai polisi sipil yang meletakkan keseimbangan dalam tugas-tugas penjagaan kamtibmas dan penegakan hukum,” kata Arsul Sani.

Berita Terpopuler

Berita Terkini