Selasa, 24 Mei 2022

Rawat Keberagaman, Banjarnegara Canangkan Desa Merden sebagai Kampung Pancasila

Rawat Keberagaman, Banjarnegara Canangkan Desa Merden sebagai Kampung Pancasila

Sebagai upaya untuk menangkal dan menanggulangi masuknya faham intoleran dan radikalisme, Koramil 08 Purwanegara mencanangkan Desa Merden, Kecamatan Purwanegara sebagai Kampung Pancasila.


Banjarnegara, Serayunews.com

Pencanangan Desa Merden, Kecamatan Purwanegara sebagai Kampung Pancasila ini dilakukan oleh Camat Purwanegara, Waris, di Aula Balai Desa Merden, Kamis (14/4/2022).

Pemantapan Merden sebagai Kampung Pancasila ini, sebagai satu strategi untuk memantapkan solidaritas di desa ini yang memang sudah terjaga.

Komandan Rayon Militer (Koramil) 08 Purwanegara, Kapten Inf Bahrul Alam mengatakan, Desa Merden ini masyarakatnya sangat kompleks, begitu juga dengan profesi warganya, mulai dari petani hingga pejabat, peneliti, dan budayawan juga ada. Kultur keagamaan berbeda, namun suasana masyarakat tetap aman dan damai.

Baca juga  Indosat Ooredoo Hutchison Catat Kenaikan Trafik Data Selama Lebaran Capai 27%

“Kampung Pancasila ini satu strategis untuk memantapkan solidaritas serta untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antarwarga. Lebih-lebih Desa Merden ini merupakan daerah dengan bermacam agama, tradisi dan adat istiadat,” ujarnya.

Menurutnya, meski begitu perbedaan yang ada di desa ini dapat dijaga dan dirawat oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan hidup saling berdampingan, rukun dan damai tanpa adanya gejolak serta benturan.

Dikatakannya, pencanangan Kampung Pancasila ini juga bagian dari upaya untuk meningkatkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa keragaman suku di Indonesia bisa disatukan dengan Pancasila.

Baca juga  Hari Pertama Kerja Setelah Libur Lebaran, Plh Bupati Minta ASN Banjarnegara Tingkatkan Kinerja

“Desa Merdan ditetapkan menjadi Kampung ini diharapkan mampu untuk menanggulangi adanya paham-paham komunis, intoleran, serta radikal,” katanya.

Dengan adanya Kampung Pancasila ini, maka diharapkan semangat pancasila kembali bergelora pada generasi muda serta bersama untuk mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara.

Berita Terkait

Berita Terkini