Mulai Hari Ini Ujian SIM Tak Ada Lagi Sirkuit Zig-zag, Ini Gantinya
Hukum dan KriminalNasional

Resmi! Mulai Hari Ini Ujian SIM Tak Ada Lagi Sirkuit Zig-zag, Tapi Ini Gantinya

Bagikan:
Mulai hari, Jumat (4/8/2023) Polri akan hapus lintasan sirkuit uji SIM berbentuk zig-zag huruf 8. (Foto: Dok Polda Metro Jaya)

SERAYUNEWS – Polri secara resmi mengganti skema uji Surat Izin Mengemudi (SIM). Sebelumnya, lintasan sirkuit berbentuk zig-zag. Ketentuan tersebut mulai hari ini, Jumat (4/8/2023).

Aturan terbaru itu, berlaku pada seluruh wilayah Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di Indonesia. Terbaru, kini tesnya di gantikan membentuk seperti huruf S.

Tak hanya itu, sirkuit uji SIM kini juga lebih lebar dari yang sebelumnya. Hal ini di sampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman. Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/8/2023) pada laman pmjnews.com.

Baca juga: Dinilai Menyulitkan, Materi Ujian Praktik SIM Mengitari Angka 8 dan Zig-zag Bakal Dievaluasi

“Yang sebelumnya berbentuk angka 8, sekarang huruf S. Ukuran lebar lintasan di perlebar dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan,” ujar Kombes. Pol. Usman Latief di kutip serayunews.com.

Menurutnya, saat ini materi uji SIM di lakukan tanpa skema zig-zag dan slalom. Berdasarkan dari hasil akomodasi empat materi uji SIM.

“Itu berdasarkan hasil akomodasi dari empat materi uji SIM,” ungkapnya.

Rincian Perubahan

Berikut ini, rincian perubahan materi ujian praktik SIM yang berlaku mulai hari ini.

  • Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit, mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah di perlebar tanpa materi zig-zag tes atau slalom tes.
  • ​Uji membentuk angka 8 di gantikan ​dengan uji membentuk huruf S.
  • ​​​​Untuk ukuran lebar lintasan, di perlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan mejadi 2,5 kali lebar kendaraan.
  • Untuk uji pengereman, panjang lintasan 20 meter dan jarak antar patok menjadi 2,5 meter.
  • Untuk uji U-turn, panjang lintasan 10 meter, 2 meter untuk tikungan saat berbelok, dan jarak antar patok menjadi 3 meter.
  • Untuk uji huruf S, panjang lintasan sebesar 35 meter.
  • Untuk uji reaksi hem menghindar, panjang lintasan lurus 1,6 meter, panjang lintasan menghindar 4 meter, dan jarak antar patok 3 meter dengan total panjang lintasan 24 meter.***
Editor: Dedy Afrengki

Terkini