Senin, 4 Juli 2022

Sejarawan Thomas Sutasman, Luncurkan Buku Pahlawan Nasional asal Cilacap Soekardjo Wirjopranoto 

Thomas Sutasman
Thomas Sutasman menunjukkan buku yang baru diluncurkan. (Foto : Irfan)

Sejarawan Cilacap, Thomas Sutasman, meluncurkan buku sejarah lokal tentang Pahlawan Nasional asal Cilacap Soekardjo Wirjopranoto. Sebelumnya, Thomas juga telah meluncurkan buku dengan judul ‘Jejak-jejak Sejarah Cilacap’.


Cilacap, serayunews.com

Kali ini, Thomas meluncurkan buku yang menceritakan sejarah perjuangan pahlawan nasional asal Kesugihan Cilacap, yakni Raden Soekardjo Wirjopranoto. Buku terbaru yang Thomas tulis ini berjudul ‘Soekardjo Wirjopranoto, Perjuangan dari Kesugihan sampai dengan New York’.

Thomas menceritakan, latar belakang dirinya menulis buku perjuangan Soekardjo Wirjopranoto ini. Thomas ingin memperkanalkan kepada masyarakat luas bahwa terdapat orang asli Cilacap yang berkiprah hingga level dunia. Terutama kiprah Soekardjo, saat masa kemerdekaan dan perannya sebagai anggota BPUPKI.

Baca juga  Seekor Ular Besar di Atas Rumah Kagetkan Warga Jeruklegi

“Apalagi akhirnya beliau menjadi pahlawan nasional, saya ingin memperkenalkan sosoknya kepada masyarakat. Agar orang Cilacap juga bangga, ada pahlawan nasional dari sini,” katanya, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya, kiprah Soekardjo selama masa hidupnya sangat membanggakan. Mulai berprofesi sebagai pegawai kejaksaan dan dewan rakyat masa pemerintahan Belanda, hingga memimpin kantor pengacara dan media masa. Lalu, Soekardjo terpilih menjadi anggota BPUPKI dan akhirnya menjadi Duta Besar Indonesia untuk PBB di Amerika Serikat.

“Kan sangat sayang kalau masyarakat tidak tahu sejarah daerahnya. Padahal, salah satu yang bisa menguatkan daerah adalah sejarahnya,” tuturnya.

Baca juga  Tragis, Kapal Terbalik di Perairan Nusakambangan, Penyelamatan 10 ABK Berlangsung Dramatis

Menurutnya, tujuan dari menulis buku ini sebagai literasi mengenai sejarah lokal Cilacap. Di mana selama ini, masyarakat cukup kesulitan mencari bahan bacaan terkait sejarah lokal. Selain itu, juga sebagai upaya untuk mendorong pemerintah agar ruang publik memiliki nama tokoh-tokoh asal Cilacap.

“Karena kebesaran beliau, saya berharap nama Raden Soekardjo Wirjopranoto bisa menjadi nama jalan ataupun ruang publik di Kota Cilacap,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini