Selasa, 24 Mei 2022

Selamat ! Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap, Raih Bintang 4 Top CSR Awards 2022

Prestasi bergengsi di bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), berhasil ditorehkan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap dengan meraih bintang 4 Top CSR Awards 2022. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam puncak acara Top CSR Awards yang dihelat di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (30/3/2022) lalu.


Cilacap, serayunews.com

Penghargaan diterima oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Cilacap, Cecep Supriyatna, dengan penerapan ketat protokol kesehatan di masa pandemi.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen PT KPI Unit Cilacap dalam pembinaan lingkungan sosial dan masyarakat” katanya.

Program TJSL unggulan PT KPI Unit Cilacap dalam penghargaan ini adalah Desa Energi Berdikari di Dusun Bondan. Kemudian ada juga program ibu Siaga Covid-19 di Kemiren Asri, serta program Creating Shared Value (CSV) berupa pelatihan las listrik 6G dan safetyman.

Baca juga  Kebijakan Lepas Masker dari Jokowi, Ini Pandangan Ganjar

“Desa Energi Berdikari adalah kisah sukses PT KPI Unit Cilacap mengubah dusun yang gelap gulita, menjadi terang benderang dengan sinar matahari dan angin sebagai sumber energi baru terbarukan menggunakan panel surya dan kincir angin,” ungkap Cecep.

Sedangkan Ibu Siaga Covid-19 adalah model pembinaan terhadap ibu-ibu rumah tangga, bertahan di masa pandemi dengan aktivitas berkeuntungan sebagai sumber penghasilan baru.

“Untuk pelatihan las listrik 6G dan Safetyman adalah program CSV kami untuk para pemuda yang tidak bisa melanjutkan studinya. Mereka diberi pelatihan hingga mendapatkan sertifikasi sehingga bisa berkontribusi menjadi bagian dari tenaga PT KPI Unit Cilacap,” ungkap Cecep.

Baca juga  Achmad Husein: Selama Mei 2022, Banyumas Hanya Temukan 1 Kasus Covid-19 

Cecep menyampaikan apresiasi kepada seluruh Perwira, mitra kerja, dan keluarga besar PT KPI Unit Cilacap.

“Tak lupa penghargaan ini juga kami dedikasikan untuk masyarakat termasuk yang menjadi mitra binaan kami. Terimakasih,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Hidup dan Kehutanan RI, Sigit Reliantoro menyampaikan, konsep community development oleh perusahaan-perusahaan banyak yang sudah memroteksi ekosistem.

“Selain menyelesaikan masalah sosial-lingkungan, ada juga CSR perusahaan yang menimbulkan biodiversity,” katanya.

Ekonomi sirkular dinilai akan semakin penting, mengingat perlunya pengolahan barang tertentu selama mungkin.

Baca juga  Sekda Cilacap, Minta Hubungan Baik Pemkab dengan Wartawan Terus Dijaga

“Dunia usaha pun harus menyiapkan strategi, agar produknya survive saat ada pembatasan plastik dalam produknya,” ucap Sigit.

Top CSR Awards yang dianugerahkan sejak 2017 ini, dihelat oleh majalah Top Business yang bertujuan mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini