Jumat, 12 Agustus 2022

Usai Dilatih Baznas, Peserta Pelatihan Ekonomi Produktif di Banjarnegara Dituntut Ciptakan Jejaring Usaha

Penyerahan sertifikat keahlian pada peserta usai melakukan pelatihan keterampilan. Foto Maula

Sedikitnya 30 orang telah mengikuti pelatihan keterampilan yang diadakan Baznas Banjarnegara. Mereka mengikuti pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mulai dari pelatihan bio flok, rias pengantin, dan service ponsel. Usai memiliki kemampuan keterampilan tersebut, harapannya mereka bisa menciptakan jejaring usaha demi meningkatkan perekonomian keluarga.


Banjarnegara, serayunews.com

Para peserta pelatihan ekonomi produktif ini, hendaknya mulai membuka jejaring usaha untuk kemandirian dan peningkatan ekonomi produktif.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH mengatakan, usai menerima pelatihan ini, para peserta harus harus bisa menerapkan keterampilan yang sudah dimiliki. Kemudian, membuka jejaring usaha, sehingga ilmu terus berkembang dan tercipta kemandirian.

Baca juga  Mantap, Tiga Siswa MFA Banjarnegara Merumput bersama di PSIS Junior

Menurutnya, langkah Baznas Banjarnegara dalam memilih program, sudah tepat. Pelatihan keterampilan tersebut, katanya, sangat penting untuk membekali ilmu pengetahuan bagi masyarakat agar bisa mandiri.

“Pelatihan ini akan sangat berdampak pada pemulihan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.  Jika benar-benar hasilnya dipraktikkan sesuai rencana, ibarat kita memberikan pancing, bukan langsung ikannya. Ini akan menguatkan keberdayaan masyarakat,” katanya.

Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo dalam laporannya mengatakan, pelatihan ekonomi produktif yang baru saja berlangsung meliputi pelatihan rias pengantin, service hand phone, dan membuat berikut metode perikanan bioflok.

Baca juga  Nekat Jual Ciu, Rumah Dua Lantai di Banjarnegara Digrebek Satpol PP

“Alhamdulillah telah ikut 30 orang untuk 3 jenis keterampilan dan sampai selesai. Sehingga pada hari ini kita serahkan sertifikat sekaligus sarana usaha,” ujarnya.

Ia mengatakan, hingga pertengahan tahun ini Baznas Banjarnegara telah menggelontorkan bantuan untuk berbagai kegiatan sesuai tupoksinya. Kegiatan itu antara lain Rp661 juta untuk bidang pendidikan bagi anak SD dan kebutuhan khusus untuk 263 anak. Masing-masing anak mendapatkan Rp 1 juta.

Untuk bidang kesehatan, antara lain stimulan untuk penunggu pasien kurang mampu di rumah sakit, dan masih banyak bantuan sosial lainnya.

Baca juga  Sutedjo Slamet Utomo, Kembali Dilantik Jadi Ketua Baznas Banjarnegara Periode 2022-2027

Peserta pelatihan ekonomi produktif mendapar pelarigan selama 5 hari. Mereka mendapatkan matrti pelatihan servis HP, magot dan bioflok, dan 6 hari untuk rias pengantin.

Berita Terkait

Berita Terkini