Minggu, 25 September 2022

Waspada, Lur! Hujan Lebih dari 4 Jam, Sebabkan 12 Titik Longsor di Banjarnegara

Sejumlah warga bersama para relawan, sedang melakukan pembersihan material longsoran dan evakuasi sepeda motor yang tertimbun longsor pada, Minggu (11/9/2022) malam. (Foto : Maula)

Akibat hujan deras yang terjadi lebih dari 4 jam di wilayah Kabupaten Banjarnegara, menyebabkan beberapa kejadian longsor di sejumlah wilayah. Sedikitnya, ada 12 titik longsor yang dilaporkan ke BPBD Banjarnegara.


Banjarnegara, serayunews.com

Pada Minggu (11/9/2022) sore hingga malam hari hujan mengguyur wilayah Banjarnegara. Hal ini menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor, di sejumlah titik yang ada di Banjarnegara.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan, longsor itu terjadi di beberapa wilayah seperti Kecamatan Banjarmangu, Wanayasa, Punggelan, dan Pagentan.

Longsor yang terjadi pada Minggu malam ini, merusak beberapa fasiltas mulai dari perumahan hingga infrastruktur jalan.

“Saat ini tim asesment masih bergerak dan melakukan kajian data yang ada di lokasi. Kami juga sudah menyiapkan tim reaksi cepat dan sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, serta PMI Kabupaten Banjarnegara untuk melakukan langkah-langkah penanganan darurat pada korban,” katanya.

Menurutnya, dari sejumlah titik yang mengalami longsor, hanya Desa Jembangan, Kecamatan Punggelan yang menyebabkan satu rumah rusak dan menimbun satu mobil serta tiga motor. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Pagentan, ada talut penahan jalan yang ambrol dan menimbun kolam ikan milik warga. Sementara sisanya, hanya longsor-longsor kecil.

“Untuk korban jiwa tidak ada, hanya saja ada beberapa rumah yang terancam akibat kejadian ini, khususnya di wilayah Desa Jembangan Kecamatan Punggelan yang longsornya berada di lereng yang cukup terjal,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini