Selasa, 29 November 2022

Belum Dua Bulan, Lima Bangkai Penyu Ditemukan di Perairan Cilacap

Cilacap, Serayunews.com-Dengan kembali ditemukannya bangkai penyu hijau di Pantai Teluk Penyu, pada Sabtu (8/8/2020), maka menjadi temuan kelima di tahun 2020. Lima bangkai penyu ini ditemukan dalam kurun waktu kurang dari dua bulan.

“Di tahun ini sudah menemukan lima bangkai penyu sejak awal Bulan Juli dan Bulan Agustus ini,” ujar Koordinator Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap Jumawan.

Temuan pertama bangkai Penyu Lekang di Pantai Glempang Pasir Adipala pada awal Bulan Juli. Penemuan kedua dan ketiga berada di pantai Sodong Adipala, dan penyu yang ditemukan pun jenis Penyu Lekang.

Selanjutnya bangkai Penyu Belimbing di Pantai Jetis Nusawungu, dilanjutkan temuan bangkai penyu hijau di Pantai Teluk Penyu, pada Sabtu siang.

“Mengenai penyebab kematian beragam, mulai dari terperangkap jaring nelayan, bisa terkena baling-baling kapal, atau terbentur karang ketika musim arus kencang,” ujarnya.

Musim-musim seperti saat ini, kata dia menjadi waktu penyu-penyu bermigrasi untuk bertelur. Terutama untuk Penyu Lekang maupun Penyu Hijau.

Sedangkan adanya Penyu Belimbing yang bangkainya ditemukan di perairan selatan, juga diindikasikan sedang bermigrasi.

“Bisa jadi karena arus kencang saat ini, terbentur karang sehingga menyebabkan luka, atau bisa jadi kena jaring, lalu dilepas oleh nelayan, tapi karena sudah terluka tidak bertahan hidup,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini