Minggu, 27 November 2022

Bersama Don Hasman, Sekber Pencinta Alam Banjarnegara Tebar Ribuan Benih Ikan di Sungai Serayu

Penanaman pohon dan tebar benih ikan di Sungai Serayu oleh Sekber Pecinta Alam Banjarnegara dalam rangka memperingati HUT RI ke 77, Minggu (31/7/2022). (Maula)

Sekretariat Bersama (Sekber) Pencinta Alam Banjarnegara, melakukan aksi menanam pohon dan tebar ribuan benih ikan di Sungai Serayu. Langkah tersebut sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan menyambut HUT RI tahun 2022.


Banjarnegara, serayunews.com

Aksi tebar benih ikan dan penanaman pohon oleh Sekber Pencinta Alam Banjarnegara ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut tiga hal. Pertama adalah HUT RI, kedua adalah Tatar Medan Alam Nasional (TMA), ketiga adalah Kenduri Kali Serayu. Acara tebar ikan berlangsung di Pikas Artventure Banjarnegara, Minggu (31/7/2022).

Ketua Panitia TMA dan Kenduri Kali Serayu, Sumarlan mengatakan, tebar benih dan tanam pohon tidak hanya diikuti Sekber Pencinta Alam Banjarnegara. Namun, banyak juga dari kelompok pencinta alam dari penjuru nusantara terlibat dalam kegiatan ini.

Aksi peduli lingkungan ini sebagai bentuk keprihatinan akan sedimentasi yang terjadi di Waduk Mrica. Selain itu menjaga ekosistem Sungai Serayu.

“Banyak jenis ikan yang kami tebar, di antaranya benih melem, tawes, nila, dan ikan mas. Kita juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga alam. Termasuk dengan melakukan konservasi alam serta penanaman ribuan pohon di sepanjang Sungai Serayu,” katanya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Banjarnegara, Singgih Haryono memberikan pandangannya. Ia mengatakan, keberadaan Sungai Serayu merupakan nadi kehidupan masyarakat di wilayah Banyumas Raya, khususnya Banjarnegara. Sebab, Sungai Serayu mendukung sektor pertanian, perkebunan, pembangkit listrik hingga pariwisata.

“Kami semua tentu merasa prihatin dengan sedimentasi yang terjadi saat ini. Sehingga harus ada aksi nyata dalam penangananya, termasuk melalui konservasi ini. Kami tentu sangat pendukung apa langkah Sekber PA,” ujarnya.

Bersatu untuk Kelestarian Alam

Sementara itu, Anggota Senior Mapala Universitas Indonesia, Don Hasman, menyambut baik langkah TMA dan upaya konservasi di Banjarnegara. Sebagai generasi yang sudah menginjak usia 82 tahun, ia mengajak generasi muda khususnya para pencinta alam untuk tetap bersatu dan menjaga kelestarian alam.

“TMA Nasional merupakan wadah pembelajaran bidang kepencinta alaman bagi generasi muda. Jadi tempat bertukar pikiran serta mengembangkan potensi alam di wilayah masing-masing,” katanya.

Terpisah, Ketua Sekber Pencinta Alam Kabupaten Banjarnegara, Irwanto mengatakan, momentum HUT RI tahun 2022 ini harapannya memberikan makna yang lebih bagi kelompok Pencinta Alam di Banjarnegara. Penebaran benih dan penanaman ribuan pohon ini, menjadi bukti nyata bahwa Sekber Banjarnegara juga ingin terlibat langsung dalam penyelamatan Sungai Serayu bersama ekosistemnya.

“Kita mengajak semua pihak untuk menjaga, merawat, dan memanfaatkan potensi alam di Banjarnegara, khususnya Sungai Serayu tanpa harus merusak alam dan ekosistem yang ada,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini