Rabu, 5 Oktober 2022

Clean The River SMKN 1 Bawang Banjarnegara, Berhasil Angkut Dua Truk Sampah dari Sungai

Siswa SMKN 1 Bawang saat membersihkan sungai yang berada di depan lingkungan sekolah, Jumat (12/8/2022). (Maula Asadillah)

Ribuan siswa dari SMKN 1 Bawang (Skansa), melakukan aksi bersih sungai sepanjang 1 kilometer pada, Jumat (12/8/2022). Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut HUT Sekolah yang ke 57.


Banjarnegara, serayunews.com

Aksi ini juga mengajak para siswa dan masyarakat peduli lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Dari sini kita ingin rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan tumbuh. Begitu juga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai,” kata Kepala SMKN 1 Bawang, Widiastuti, melalui Waka Kesiswaan, Efendi Sutoyo.

Gerakan Clean The River atau bersih sungai ini, untuk menjaga lingkungan. Harapannya agar Banjarnegara ke depan bisa memiliki sungai yang bersih dan indah.

Tak hanya itu, aksi ini juga sekaligus mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah pada aliran sugai.

“Untuk siswa yang terlibat ada 2.201 siswa dan 196 guru serta karyawan yang juga ikut turun langsung membersihkan sungai,” ujarnya.

Menurutnya, keprihatinan justru muncul usai aksi bersih sungai. Dengan aksi serentak dengan jarak sekitar 1 kilometer ini berhasil mengangkat lebih dari dari dua truk sampah yang ada di sungai. Hal ini jelas akan dpaat merusak dan mengganggu ekosistem yang ada di sungai.

“Kami sangat prihatin, apalagi sampah mayoritas sampah rumah tangga dan dominan sampah plastik. Kami berharap kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan meningkat. Sehingga keberadaan sungai khususnya di Banjarnegara benar-benar bersih dan asri,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini