Jumat, 9 Desember 2022

Diterjang Hujan dan Angin Kencang, 6 Rumah di Desa Bajong Purbalingga Rusak

Rumah warga di Desa Bajong Kecamatan Bukateja Purbalingha rusak karena diterjang hujan disertai angin kencang, Minggu (2/10/2022). (Dok BPBD Purbalingga)

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan enam rumah di Rt 2/RW 3 Desa Bajong Kecamatan Bukateja, Purbalingga rusak. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, Minggu (2/10/2022). Sejumlah warga mengungsi karena rumahnya sementara tak bisa ditempati.


Purbalingga, serayunews.com

“Kami menerima laporan terjadi hujan deras disertai angin kencang di Desa Bajong. Petugas langsung diterjunkan ke lokasi untuk melakukan penanganan,” kata Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Umar Fauzi dalam laporannya.

Rumah yang rusak masing-masing milik Imam Najib (54), Jarotun Anhar (48), Kartini (82), Parno (36), Dulah Sipin (72), dan Pardin Subekti (53). Selain itu satu Mushala di wilayah itu juga atapnya rusak karena terlepas terkena angin kencang.

“Dua warga yang mengungsi ke tempat kerabat adalah Parno dan Pardin Subekti,” kata Umar Fauzi.

Kerusakan yang terjadi di rumah warga tersebut antara lain atap lepas, tertimpa pohon dan juga ada yang atap dan beberapa bagian rumah ambruk. Petugas yang diturunkan di lapangan melakukan penanganan pertama dengan melakukan evakuasi terhadap penghuni.

“Mereka membantu melakukan perbaikan rumah yang rusak. Selain itu juga melakukan evakuasi warga. Jika memang rumahnya tak bisa ditempati, untuk sementara diminta mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat,” lanjutnya.

Hingga berita ini diturunkan petugas masih bersiaga di lokasi bencana. Pasalnya hujan deras masih turun dan dikhawatirkan akan terjadi bencana susulan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini