Italia Lolos Euro 2024
InternasionalOlah Rogo

Italia Lolos Euro 2024

Bagikan:
Italia Lolos Euro 2024
Ilustrasi untuk berita Italia lolos Euro 2024.(Sumber pixel2013/pixabay.com)

SERAYUNEWS– Italia akhirnya lolos ke ajang akbar sepak bola Eropa atau Euro 2024. Keberhasilan Italia lolos setelah menahan seri Ukraina 0-0 di laga grup C kualifikasi Euro 2024.

Hasil seri itu membuat Italia memiliki 14 poin dari 8 pertandingan dan berada di posisi dua klasemen akhir grup C di bawah Inggris. Dua besar klasemen akhir berhak lolos ke Euro 2024.

Sebenarnya, Ukraina juga memiliki 14 poin dari 8 pertandingan. Namun, Ukraina kalah head to head dari Italia. Dari dua pertandingan antardua negara itu, Italia menang sekali dan laga lainnya seri.

Keberhasilan Italia lolos ke Euro 2024 sekaligus membantah kekhawatiran sebelumnya. Kekhawatiran itu adalah Italia gagal lolos ke Euro 2024. Maklum saja, performa Italia tak terlalu meyakinkan di kualifikasi.

Italia dua kali kalah dari Inggris. Saat menjamu Mesedonia Utara, fans Italia ketar-ketir. Sebab, Masedonia Utara sempat memperkecil kedudukan menjadi 2-3. Tapi pada akhirnya Italia menang 5-2.

Keberhasilan Italia ini juga jadi kesempatan mereka mempertahankan gelar. Pada Euro 2020 yang berlangsung di tahun 2021, Italia menjadi juara setelah di final mengalahkan Inggris melalui adu penalti.

Keberhasilan Italia juga bisa dikatakan kebangkitan. Sebab di ajang besar sebelumnya, Italia hanya jadi penonton. Italia tak berpartisipasi di Piala Dunia 2022 karena tersingkir di kualifikasi.

Di sisi lain, keberhasilan Italia juga jadi kesempatan pelatih Luciano Spalletti untuk unjuk gigi. Ini adalah kesempatan bagi pelatih plontos tersebut untuk membuktikan kapasitasnya sebagai juru racik Italia.

Spalletti bisa dikatakan secara mendadak menjadi pelatih Italia. Sebab, pelatih sebelumnya yang juga membawa Italia juara Euro 2020 yakni Roberto Mancini mengundurkan diri.

Lolosnya Italia membuat kini telah ada 20 negara yang lolos ke Euro. Mereka adalah tuan rumah Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, Skotlandia, Prancis, Belanda.

Kemudian, Turki, Albania, Republik Cek, Belgia, Austria, Hungaria, Serbia, Denmark, Slovenia. Kemudian Rumania, Swiss, Portugal, Slowakia.

Masih ada empat tiket sisa yang diperebutkan. Satu tiket melalui kualifikasi dan tiga tiket melalui playoff. Euro 2024 akan berlangsung di Jerman dari 14 Juni sampai 14 Juli 2024.