Sabtu, 3 Desember 2022

Lima Bupati Tandatangani Kesepakatan Bersama Optimalisasi Bandara Soedirman 

Penerbangan Kembali Dimulai 10 November

Lima Bupati di wilayah Banyumas Raya menandatangani kesepakatan bersama optimalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga, di Kementerian Perhubungan, Rabu (2/11/2022). (Joko Santoso/Serayunews)

Lima bupati di wilayah Banyumas Raya menandatangani kesepakatan bersama kerjasama optimalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Soedirman Purbalingga. Penandatanganan berlangsung di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (2/11/2022).


Purbalingga, serayunews.com

“Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Menteri Perhubungan dengan sejumlah bupati di wilayah Banyumas Raya terkait bagaimana mengoptimalisasikan Bandara Soedirman Purbalingga,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi).

Tiwi menyampaikan penandatanganan kesepakatan bersama optimalisasi Bandara Soedirman oleh Pemkab Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, dan Wonosobo. Kesepakatan bersama itu adalah masing-masing Pemkab menjamin booking seat penerbangan melalui bandara tersebut. Penandatanganan disaksikan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto Rahardjo.

“Ini sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat dengan bupati di Banyumas Raya. Semua berkomitmen untuk meramaikan bandara perlu ada komitmen Pemkab guna menjamin booking seat penerbangan,” terangnya.

Rencananya penerbangan di Bandara Soedirman Purbalingga akan kembali mulai pada Kamis (10/10/2022) dengan Maskapai Citilink. Dia menyampaikan dukungan lima kabupaten di Banyumas Raya bisa memberikan kebermanfaatan optimalisasi Bandara Soedirman.

“Dengan aktifnya Bandara Soedirman bisa menimbulkan geliat perekonomian wilayah Jateng selatan bagian barat khususnya di lima kabupaten tersebut,” ungkapnya.

Permintaan Presiden

Sebelumnya Menhub RI Budi Karya Sumadi menyampaikan pesan Presiden Jokowi agar enam bupati memberikan dukungan untuk meramaikan Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) yang ada di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga.

“Saya kemarin ditelepon Bapak Presiden Jokowi terkait Bandara Soedirman Purbalingga. Presiden ingat kalau di sini tidak ada flight (penerbangan). Beliau meminta Bandara Soedirman diramaikan,” kata Menhub saat mengadakan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah di BJBS, Jumat (30/9/2022) sore.

Dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa pembangunan Bandara Soedirman oleh PT Angkasa Pura (AP) II. Pembangunan bandara bukan hal yang mudah. Oleh karena itu kondisi sepinya penerbangan di Bandara Soedirman Purbalingga untuk dicarikan solusinya.

Intinya, menurut Menhub, seluruh kabupaten di wilayah sekitar bandara bisa kompak untuk meramaikan penerbangan di Bandara Soedirman.

“Mari di sini kita rembugan bareng-bareng untuk membahas itu,” ujar Menhub.

Menhub menyampaikan presiden intinya meminta kepada daerah yang ada di wilayah sekitar Bandara Soedirman meramaikan bandara. Presiden, menurut Menhub, memahami kondisi yang terjadi saat ini akibat pandemi.

Berita Terpopuler

Berita Terkini