Jumat, 19 Agustus 2022

Pekan Depan PTM di Purbalingga Dilakukan Bertahap, Diawali di 6 Sekolah

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) memantau pelaksanaan swab antigen bagi siswa salah satu SMA di Kabupaten Purbalingga. Rencananya pekan depan ujicoba PTM akan dilakukan bertahap. (Joko Santoso)

Pemkab Purbalingga memberikan lampu hijau untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah sekolah di wilayah tersebut.  Kegiatan itu rencananya akan diawali di enam sekolah.


Purbalingga, serayunews.com

“Masing-masing di empat SMA/SMK dan dua SMP/MTs. Kita ujicoba selama dua minggu. Jika memang aman dari Covid-19, maka akan ditambah sekolah yang melaksanakannya,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Sabtu (2/10/2021).

Baca juga  Ratusan Penghayat Cilacap Doakan Ganjar di Lokasi Keramat

Bupati Tiwi menyampaikan sekolah yang melaksanakan ujicoba PTM harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga.  Selain itu guru dan murid juga sudah harus divaksin serta menjalani swab antigen.

Rencananya pelaksanaan uji coba PTM akan dilakukan pekan depan. “Saat ini Standar Operating Procedure (SOP) sedang dimatangkan. Rencananya jika tidak ada halangan ujicoba PTM akan dilaksanakan pekan depan,” jelas Tiwi.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga Tri Gunawan menyampaikan menyampaikan jika hendak melaksanakan ujicoba PTM, masing-masing sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana mendukung penerapan protokol kesehatan.

Baca juga  Larungan Jolen Sedekah Laut Cilacap Diawali dengan Upacara Adat

“Mulai dari alat pengecekan suhu, tempat cuci tangan, penggunaan masker dan juga jaga jarak selama ada di dalam kelas,” ungkapnya lagi.

Pihaknya berencana akan melakukan kajian mendalam terkait kelanjutan ujicoba PTM.  Menurutnya hanya sekolah yang siap yang diperbolehkan melakukannya. Itupun harus melalui sejumlah prosedur dan mengikuti ketentuan yang berlaku.

“Karena ini terkait masalah kesehatan. Saat ini Purbalingga sudah masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Jangan sampai kita lengah, makanya ujicoba PTM harus dipersiapkan dengan benar. Termasuk sarana dan prasarana pendukung penerapan prokes. Kita tidak ingin PTM malah menjadi rawan penularan Covid-19,” tegasnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini