Senin, 4 Juli 2022

Pergerakan Tanah di Asinan Banjarnegara, Sebabkan Rumah dan Jalan Desa Rusak Parah

Pergerakan Tanah di Asinan Banjarnegara, Sebabkan Rumah dan Jalan Desa Rusak Parah

Pergerakan tanah di Desa Asinan, Kecamatan Kalibening Banjarnegara, terus terjadi dan sudah merusak rumah dan akses jalan desa. Selain 1 rumah rusak, 8 rumah warga di sekitar lokasi juga dalam kondiai terancam.


Banjarnegara, Serayunews.com

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, pergerakan tanah di Desa Asinan terjadi akibat cuaca ekstrem di Dusun Karangnangka Desa Asinan.

“Pergerakan ini masih terjadi hingga saat ini, bahkan satu rumah sudah rusak dan 8 lainnya terancam,” kata Koodinator relawan RAPI Banjarnegara, Tejo Sumarno.

Baca juga  Kericuhan Suporter Futsal di Purwokerto, Polisi: Belum Ada Penetapan Tersangka

Berdasarkan hasil assesmen, rumah rusak tersebut adalah milik Sukoyo Siswo (70) yang tinggal di RT 1 RW 2, Desa Asinan, Kecamatan Kalibening. Keluarga tersebut, saat ini mengungsi di rumah Kisnanto, warga lainnya yang dinilai lebih aman.

Selain itu, pergerakan tanah ini juga mengancam 8 rumah warga lainnya, yakni milik Warso (37), Hanto (32), Mislam Samsudin, Ny Sulastri, Tuheni, Jabidi, Juwardi, dan Ratmoko. Dengan kondisi ini, masyarakat diminta untuk tetap waspada, khususnya saat hujan kembali turun, apalagi hingga saat ini pergerakan tanah masih terjadi.

Baca juga  Luncurkan AC Inverter, Midea Beri Garansi 12 Tahun Kompresor

“Untuk sementara, para relawan dan warga bersama-sama menutup rekahan tanah yang ada, sebagai bentuk antisipasi dan mencegah terjadinya longsor. Selain itu, kita juga melakukan imbauan agar warga yang memiliki kolam disekitar untuk dikeringkan,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini