Sambut HUT Cilacap ke-167, PMI Gelar Operasi Katarak Mata Gratis, Ini Syaratnya

Flyer pengumuman operasi katarak mata gratis diselenggarakan PMI Kabupaten Cilacap dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Cilacap ke-167, Selasa (14/2/2023). (Dok PMI Cilacap)

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap akan menggelar operasi katarak mata gratis bagi warga Cilacap. Acara itu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Cilacap ke-167


Cilacap, serayunews.com

Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf mengatakan, operasi katarak pada tanggal 5 Maret 2023, menyasar masyarakat Kabupaten Cilacap. Utamua, warga yang kurang mampu dan tidak memiliki BPJS Kesehatan.

“Operasi katarak ini dalam rangka HUT Kabupaten Cilacap ke167, kita sediakan kuota operasi 50 mata. Harapannya yang tadinya tidak bisa melihat menjadi bisa melihat, karena mata adalah jendela dunia,” ujar Farid Ma’ruf, Selasa (14/2/2023).

Farid menyampaikan, sebelum tindakan operasi, akan ada sejumlah tahapan, mulai dari penjaringan, skrining, dan penindakan operasi. Kegiatan ini akan berlangsung di dua lokasi yakni wilayah Cilacap bagian barat dan timur.

Adapun untuk pendaftaran atau penjaringan, calon pasien operasi katarak mata pada tanggal 13-28 Februari 2023 melalui PMI Kabupaten Cilacap.

Untuk persyaratannya, melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa/kelurahan, surat keterangan dari Puskesmas yang menyatakan katarak.

Masing-masing berkas rangkap dua, dan paling lambat penyerahannya tanggal 28 Februari 2023, serta mencantumkan nomor keluarga yang bisa dihubungi.

Untuk jadwal skrining/pemeriksaan, pada hari Sabtu (4/3/2023) mulai pukul 07.00 WIB sampai selesai. Bertempat di RSUD Majenang untuk wilayah Cilacap bagian barat. Sedangkan untuk wilayah bagian timur bertempat di Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kabupaten Cilacap.

Untuk pelaksanaan operasi katarak, akan berlangsung pada Minggu tanggal 5 Maret 2023 bertempat di RSUD Majenang (untuk wilayah barat) dan RSUD Cilacap (untuk wilayah timur).

Berita Terkait

Berita Terkini