Jumat, 24 September 2021

UMKM Bangkit, Kontribusi Nyata Anak Muda Cilacap di Masa Pandemi

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Creafo. (Irfan Miftah Ramadhan)

Sekumpulan anak muda Cilacap yang tergabung dalam creative agency Creafo, melakukan langkah konkrit dengan membantu sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi. Sedikitnya terdapat 15 pelaku UMKM yang telah difasilitasi oleh creative agency tersebut melalui program UMKM Bangkit.


Cilacap, serayunews.com

Salah satu Founder Creafo Harry Chandra mengatakan, program UMKM Bangkit sendiri merupakan suatu gagasan yang diambil untuk membantu para pelaku UMKM agar go digital. Misalnya membantu pemasaran produk melalui digital marketing, foto produk, serta rebranding dan pengelolaan feed Instagram.

“Sudah 15 pelaku UMKM yang difasilitasi dan masih akan bertambah lagi. Karena kami masih membuka pendaftaran, namun tidak semuanya diterima karena harus memenuhi berbagai aspek yang telah ditentukan dan secara gratis tentunya,” katanya kepada serayunews.com, Jumat (9/7/2021).

Sejauh ini, kata dia, antusias para pelaku UMKM di Cilacap untuk go digital cukup tinggi, ini terbukti dengan banyaknya pendaftar yang ingin mendapatkan fasilitas tersebut. Dalam satu bulan terakhir saja, sebanyak 30 pelaku usaha sudah mengajukan untuk mengikuti program UMKM Bangkit ini.

creative agency Creafo, umkm, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini, cilacap, creafo, creafo cilacap
Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Creafo. (Irfan Miftah Ramadhan)

Selain itu pihaknya juga telah bekerjasama dengan Plut UMKM Kabupaten, untuk berpartisipasi melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM. Dengan menjadi narasumber di setiap pembimbingan teknis yang berkaitan dengan pemasaran digital.

“Semenjak pandemi iklim ekonomi digital mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hanya saja masih banyak pelaku UMKM yang tidak tahu cara memasarkan secara tepat. Nah kami ambil bagian di situ,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di Creafo sendiri terdapat beberapa bidang, yakni creafo.id, creafobiz, creafo.space dan creafo.merch. Sedangkan UMKM Bangkit sendiri merupakan program dari creafobiz, yang didasari oleh keperihatinan para founder Creafo atas situasi pandemi yang tak kunjung usai. Akibatnya pelaku usaha yang menggantungkan hidupnya di sektor UMKM, terpuruk.

“Selain itu kami juga ingin menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat luas, dengan berkontribusi secara nyata membatu pemulihan ekonomi di Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Baca juga Begini Suara Hati Para Pedagang Kaki Lima Terkait Purbalingga Tiga Hari Di Rumah Saja 

Berita Terkait

Berita Terkini