Jumat, 12 Agustus 2022

Cek Belasan Sampel Beragam, Loka POM Banyumas Sebut Takjil di Purwokerto Aman

Cek Belasan Sampel Beragam, Loka POM Banyumas Sebut Takjil di Purwokerto Aman

Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Banyumas, melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional dan pasar tiban di Purwokerto selama beberapa hari terakhir. Kali ini pengawasan dilakukan terhadap sejumlah penjual takjil di sekitaran Pasar Cerme, Desa Purwosari, Kecamatan Baturraden, Kamis (7/4/2022).


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Loka POM Kabupaten Banyumas, Suliyanto menjelaskan, bahwa inspeksi tersebut sengaja dilakukan untuk memastikan takjil yang dijual dalam kondisi aman untuk dikonsumsi.

Baca juga  Oknum TNI di Banyumas Lakukan Percobaan Perampokan, Uang Karyawan Puluhan Juta Berhamburan di Jalan

“Total ada 17 sampel yang kami periksa, ada bakso, tahu, kolang-kaling, kue dan lainnya,” kata dia.

Setelah diuji, makanan dan minuman yang dijadikan sampel tidak ditemukan adanya kandungan Rodamin B, Metamin Zero, borak maupun formalin. Meski demikian, POM akan terus berusaha memastikan produk-produk makanan yang dijual ke masyarakat terutama pada saat bulan Ramadan selalu sehat untuk dikonsumsi.

“Kami akan melakukan kegiatan seperti ini setipa hari, hanya untuk takjil memang tidak setiap hari, kami intensifkan ke pengawasan makanan,” ujarnya.

Tidak hanya awal bulan Ramadan ini saja pihaknya melakukan inspeksi ke penjual takjil dan bahan-bahan makanan. Namun, sejak seminggu yang lalu sudah dilakukan secara rutin di sejumlah tempat, baik pasar tradisional maupun pertokoan.

Baca juga  Akomodir Aspirasi Masyarakat, PKS Kejar 8 Kursi DPRD Banyumas di Pemilu 2024

“Selama seminggu ini, kami tidak menemukan adanya kandungan berbahaya pada makanan yang dijual ke masyarakat,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini