BerandaOtomotifKetahui 4 Masalah yang Kerap Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Ketahui 4 Masalah yang Kerap Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Ilustrasi masalah pada kunci kontak sepeda motor (Pixabay.com/Igor Ovsyannykov )

SERAYUNEWS –¬†Pemilik kendaraan perlu mengatahui masalah yang kerap terjadi pada kunci kontak sepeda motor.

Kenali masalah umum yang biasa terjadi pada bagian kontak kunci kendaraan. Tidak jarang terjadi masalah pada kunci dapat mengganggu aktivitas berkendara.

Jika tidak mengetahuinya bisa menimbulkan kepanikan saat hendak berkendara. Masalah pada kunci kontak motor tidak hanya sulit menyalakan motor tetapi juga berakibat pada kelistrikan motor mati.

Masalah Kunci Kontak Sepeda Motor

Berikut ini rangkuman empat masalah yang sering terjadi pada kunci kontak sepeda motor yang telah dihimpun Serayunews.com:

1. Kunci Patah

Kesalahan fatal yang membuat sepeda motor tidak bisa dinyalakan atau dimatikan adalah kunci kontak sepeda motor yang patah.

Kunci kontak sepeda motor bisa patah karena terlalu sering dipakai, terlalu kuat saat memutar kunci, atau malah tidak pernah merawatnya.

Untuk mencegah kunci kontak patah, pastikan untuk merawat kunci secara teratur dengan membersihkan serta melumasi bagian dalamnya.

Jika kunci sudah aus atau terlalu longgar bisa mengganti kunci kontak sepeda motor cadangan atau membuat yang baru.

2. Sulit Diputar

Masalah berikutnya yang kerap dihadapi pengemudi sepeda motor adalah kunci kontak yang sulit diputar.

Penyebabnya ada beberapa faktor seperti kunci terlalu kotor, sudah aus, atau jarang diberi pelumas. Adapun cara mengatasinya, pertama-tama bersihkan kunci menggunakan lap bersih dan coba lagi untuk memutar kunci.

Apabila masih kesulitan, bisa menggunakan pelumas pada kunci untuk memudahkan putaran.

3. Kunci Kontak Terjebak

Masalah kunci kontak sepeda motor berikutnya adalah terjebak di dalam lubang kunci. Kunci bisa saja terjebak karena ada kotoran yang menyumbat baik kunci maupun bagian lubang kontak.

Coba putar kunci perlahan dan hati-hati sambil menariknya sedikit. Apabila sulit digerakkan lebih baik memanggil tukang bengkel untuk memperbaikinya.

4. Kunci Mudah Lepas

Berikutnya perlu mengetahui kondisi kunci masih aman digunakan atau tidak. Masalah yang juga kerap ditemui adalah kunci yang sudah aus sehingga mudah lepas.

Waspada jika kunci yang mudah terlepas ini jatuh di jalan. Pastinya akan sangat merepotkan untuk mencari kunci. Jika sudah tahu mudah terlepas bisa menambahkan tali yang dikaitkan spion.

Bisa juga menggunakan kunci cadangan sehingga bisa lebih aman ketika melakukan perjalanan.

Itulah empat hal yang perlu diketahui pemilik kendaraan.

***

Terkait