Selasa, 24 Mei 2022

Menjelang Lebaran, Hunian Hotel di Baturraden Masih Sepi

Ketua PHRI Banyumas, Irianto. (Foto : Hermiana E.Effendi)

Menjelang Lebaran, tingkat hunian hotel di Baturraden masih sepi. Dari pantauan, tingkat reservasi hotel di wilayah perkotaan justru sudah lebih ramai, dibandingkan di kawasan wisata Baturraden.


Purwokerto, serayunews.com

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Banyumas, Irianto mengatakan, tahun sebelum-sebelumnya kawasan Baturraden lebih ramai.

“Kami berharap saat nanti Lebaran, bookingannya tambah banyak. Mungkin mereka sengaja tidak reservasi dan datang langsung, karena takutnya waktu hari H mereka tidak bisa datang atau adanya larangan-larangan (pengetatan PPKM, red),” ujar dia.

Baca juga  Mulai Menyebar, 14 Ekor Sapi di Banjarnegara Positif PMK

Irianto menambahkan, justru paling banyak reservasi kamar hotel berada di Perkotaan Purwokerto. Namun demikian, untuk hotel-hotel kecil masih cukup sepi peminat.

“Mungkin saja nanti datangnya pas hari H ke rumah saudara di sini langsung, kemudian menginapnya di hotel,” kata dia.

Saat ini untuk hotel yang tergabung di PHRI, ada 184 hotel yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas. Menurut Irianto, terkait harga ada yang menaikan dan ada yang tidak, bahkan ada juga yang memberikan diskon.

“Kalau penurunan harga tidak ada, tetapi memberikan paketan seperti include makan malam, makan pagi. Harapan kami Lebaran tahun ini bisa seperti tahun-tahun lalu (sebelum pandemi, red), sehingga tamu banyak yang datang,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini